Review Resume Penyakit Jantung Koroner


 Penting bagi generasi muda untuk mendapatkan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung sejak dini. Dibutuhkan keterlibatan banyak pihak untuk terus menyampaikan edukasi berupa cara pencegahan penyakit ini.

Program-program penyuluhan yang mendorong gaya hidup sehat, pengenalan tentang makanan bergizi, serta pengenalan aktivitas fisik seperti olahraga pada usia dini dapat membantu mengurangi risiko jantung koroner di masa depan.

Penyakit jantung koroner menjadi salah satu penyebab tertinggi kematian di Indonesia, terutama pada usia produktif yang tinggal di perkotaan. Pemicu utamanya yaitu gaya hidup, rokok, manajemen stress yang buruk, dan pola makan yang tidak sehat. 

Kondisi ini terjadi akibat adanya penyempitan atau penyumbatan di dinding nadi koroner karena adanya endapan lemak dan kolesterol sehingga mengakibatkan suplai darah ke jantung menjadi terganggu. Penderita penyakit jantung koroner berpotensi mengalami henti jantung mendadak sudden cardiac death.  

Penyebab jantung koroner adalah adanya penumpukan zat lemak secara berlebihan di lapisan dinding nadi pembuluh koroner. Biasanya, ini dipengaruhi oleh pola makan yang kurang sehat dan kecanduan rokok. 

Adapun sejumlah faktor lain yang meningkatkan risiko penyakit jantung koroner adalah sebagai berikut: 

Gaya hidup

Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji yang biasanya mengandung natrium yang tinggi (makanan asin), bisa meningkatkan kolesterol dalam darah dan tekanan darah. 

Apalagi jika Sahabat MIKA jarang mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Maka tubuh akan kekurangan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan jantung.

Kecanduan rokok

Bisa dibilang rokok adalah salah satu yang menjadi faktor berbagai jenis penyakit. Asap rokok yang dihirup dapat menjadi penyebab berbagai penyakit, mulai dari kanker paru, gangguan kehamilan dan janin, hingga penyakit jantung. 

Hal ini karena di dalam tembakau yang terdapat pada rokok, terkandung berbagai zat berbahaya bagi tubuh, seperti kandungan nikotin yang bisa membuat jantung berdetak lebih kencang lebih dari normal.

Selain itu, karbon monoksida yang merupakan gas beracun yang dapat menghalangi pasokan oksigen ke jantung.  

Diabetes adalah salah satu penyakit dapat meningkatkan terjadinya penyakit jantung koroner. 

Hal ini karena diabetes mempermudah terjadinya penurunan fungsi pembuluh darah sehingga lemak jahat (LDL) mudah untuk menempel di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan. dan lainnya Penting nya jaga kesehatan kita agar tidak mudah terkena penyakit jantung koroner 

fkk.unusa.ac.id 

unusa.ac.id

Facebook : https://www.facebook.com/unusaofficalfb

Instagram ; https://www.instagram.com/unusa_official/

blog teman : 

https://tugasblogfira.blogspot.com/2023/09/review-resume-unusa-masuk-59-ptns-dan.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Jantung Koroner, Tidak Hanya Menyerang Lansia Namun Ancaman Bagi Generasi Muda

Rangkuman Ospek